Home » , » Seribu Keunikan Danau Toba

Seribu Keunikan Danau Toba

Written By jmw on Jumat, 08 Maret 2013 | 18.25





Danau Toba memiliki wisata alam yang luar biasa, wisata spiritual, wisata sejarah, atau pun wisata arsitektur dan kuliner. Suasana yang sejuk dan menyegarkan, hamparan air yang jernih, serta pemandangan yang memesona dengan pegunungan hijau adalah sebagian kecil saja dari deskripsi keindahan Danau Toba yang mengagumkan.

Danau Toba kini menjadi salah satu keajaiban wisata alam yang menakjubkan di Nusantara. Danau Toba adalah danau berkawah yang sangat besar dimana pusat pulaunya hampir seluas negara Singapura. Dengan luas 1.145 kilometer persegi, Danau Toba sebenarnya lebih menyerupai lautan daripada danau. Danau Toba adalah danau terluas di Asia Tenggara dan terdalam di dunia yaitu sekira 450 meter. Danau bertipe vulkanik ini merupakan danau terbesar kedua di dunia sesudah Danau Victoria di Afrika.

Di tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau vulkanik bernama PulauSamosir yang berada di ketinggian sekira 1.000 meter di atas permukaan laut. Di tengah Pulau Samosir ini juga ada lagi dua danau indah yang diberi nama Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang.

Danau Toba adalah tempat yang cocok untuk bersantai dan menikmati pemandangan sambil bersepeda dan menikmati pemandangan gunung yang permai. Rasa penat yang Anda rasakan akan hilang saat menyambangi keindahan tempat ini. Danau Toba berada 900 meter di atas permukaan laut sehingga udara sejuknya sangat menyegarkan, jauh dari udara panas dan polusi kota..

Banyak wisatawan lebih memilih tinggal di Pulau Samosir yang berlokasi di tengah danau raksasa ini. Sebagai tempat tinggal asli masyarakat Batak Toba, Pulau Samosir memiliki peninggalan zaman purbakala berupa kuburan batu dan desa tradisional. Di Tomok (Pulau Samosir) juga terdapat Makam RajaSidabutar, yang usianya sudah 500 tahun. Juga terdapat Patung Sigale-Gale (Patung yang bisa menari). Di pulau ini Anda dapat menemukan kebudayaan Tobayang unik dan kuno

Pulau Samosir adalah tempat yang cocok untuk dikunjungi dan menghindari kepenatan rutinitas kota. Samosir mudah dijangkau oleh kapal ferri dari Parapat.
Meskipun telah menjadi tempat tujuan wisata sejak lama, Samosir merupakan keindahan alam yang belum terjamah. Beranikan diri keluar dari desa kecil Tuk-Tuk dan Tomok. Anda juga dapat menikmati suasana pedesaan yang permai dikelilingi ladang, gereja dan kuburan eksotik yang memenuhi lahan ( info : wonderful indonesia )




Dahulu kala, Danau Toba adalah sebuah padang yang sangat gersang dan tandus. Disana tinggallah seorang pemuda yang sangat miskin dan sebatang kara. Untuk menghidupi dirinya, setiap hari dia pergi memancing di sungai hingga suatu hari ia berhasil mendapatkan seekor ikan yang sangat gemuk dan berwarna keemasan. Semula pemuda tersebut sangat girang karena sudah membayangkan bisa makan enak nanti malam. Tetapi ternyata ikan tersebut bisa menangis dan memohon untuk dilepaskan kembali. Akhirnya karena iba, pemuda tersebut melepaskan ikan tersebut ke sungai dan pulang ke rumah.

Keesokan paginya saat bangun tidur, pemuda tersebut sangat terkejut karena melihat seorang gadis cantik sedang menata makanan di meja makan untuk si pemuda. Gadis itu mengaku sebagai ikan yang telah diselamatkan pemuda itu kemarin. Kemudian gadis tersebut berjanji untuk memasak makanan yang enak-enak untuk pemuda tersebut sebagai ucapan terima kasih. Akhirnya suatu hari pemuda tersebut melamar si gadis dan si gadis pun menerimanya. Namun, dengan satu janji yang telah disepakati, yaitu si pemuda tidak boleh menceritakan bahwa asal-usulnya dari seekor ikan. Jika janji itu dilanggar maka akan terjadi petaka dahsyat. Si pemuda menyetujuinya dan berjanji untuk menjaga rahasia tersebut.

Hari-hari bahagiapun datang. Si pemuda tidak henti-hentinya berusaha dan bekerja keras. Dan akhirnya mereka dapat menjalani hidup dengan bahagia dan sejahtera. Kebahagiaan pun bertambah karena mereka dikaruniai seorang anak. Anak yang lucu. Tapi setelah anak itu menjadi besar, si pemuda yang kini telah menjadi bapak kepayahan. Sebab anaknya itu sangat suka makan.

Suatu hari saat sang ayah memancing, sang ibu menyuruh anaknya untuk mengantarkan bekal kepada ayahnya. Di perjalanan sang anak mengintip isi rantang yang ternyata berisi telur ikan, sambal, dan nasi panas. Si anak pun langsung memakan habis isi rantang tersebut dan memberikan rantang yang telah kosong kepada ayahnya. Melihat rantang yang telah kosong, sang ayah sangat marah dan membanting rantang tersebut sambil mencaci anak tersebut dengan sebutan “anak ikan”. Si pemuda telah melanggar janji pada istrinya.

Sang anak berlaripulang dan mengadu ke ibunya. Mendengar cerita tersebut sang istri sangat sedih dan perlahan lahan sisik keemasan mulai menutupi tubuhnya, begitu juga dengan tubuh anaknya dan mereka berdua berubah menjadi ikan.

Saat pulang dari memancing, si ayah terkejut melihat anak dan istrinya telah berubah menjadi ikan. Dia menyadari kesalahannya dan memohon supaya anak dan istrinya berubah menjadi manusia kembali. Namun semuanya telah terlambat. Sang ayah sangat sedih dan terus menangis. Tak lama kemudian hujan deras terus turun dan tanah tempat mereka tinggal telah berubah menjadi danau yang berwarna kebiruan dan terkenal dengan nama Danau Toba. Inilah cerita asal muasal Danau Toba.

Menarik bukan? Entah benar atau tidak cerita tersebut punya satu pesan yang dalam. Satu pesan moral yang sangat penting. Satu pesan yang tidak boleh disepelekan atau dilupakan. Itu adalah tentang memegang janji. Setiap janji yang telah dibuat dan diucapkan haruslah diingat dan dijaga. Janji harus dilaksanakan apapun alasannya.

Danau Toba begitu indah dipandang. Melihatnya membuat kita takjub akan kebesaran Tuhan. Merasakan airnya yang sejuk membuat kita kagum akan karya Tuhan. Merasakan hawa dingin di waktu kebaktian malam mengingatkan kita kembali akan satu hal: Pentingnya Sebuah Perjanjian. ( info : danielnugroho )



0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts